Pages

Thursday, June 8, 2017

Pemanfaatan Alpukat Sebagai Obat

ALPOKAT

Alpokat berasal dari Amerika Tengah, yang banyak ditemukan di hutan-hutan, tetapi ada juga yang menanamnya di kebun dan di pekarangan yang lapisan tanahnya gembur dan subur serta tidak tergenang air. Alpokat dapat tumbuh di dataran rendah akan tetapi akan lebih memuaskan apabila ditanam di ketinggian 200-1000 m dpl, di daerah tropik dan subtropik yang banyak curah hujannya.
Alpokat merupakan pohon kecil dengan tinggi 3-10 m, berakar tunggang, batang berkayu, warnanya coklat kotor apabila sudah matang dan ranting berambut halus.
Nama ilmiah alpokat adalah Persea americana Mill. Dalam bahasa Melayu disebut apokad, dalam bahasa Sunda disebut apuket dan dalam bahasa Jawa disebut apokat.
Tumbuhan alpokat, terutama pada bagian daun, memiliki rasa pahit dan kelat. Kulit ranting mengandung beberapa zat kimia diantaranya minyak terbang, seperti Methylchavicol, Alphapinene, tanin dan Flavonoid. Sedangkan pada daging buahnya mengandung minyak jenuh, protein, Sesqueterpenes, Vitamin A, B1 dan B2. Daging buah alpokat merupakan pelindung sel-sel tubuh karena kandungan glutathione yang mampu menetralkan lemak jahat di dalam makanan. Dalam alpokat mengandung banyak lemak namun sebagian besar adalah lemak baik, yaitu jenis lemak yang menghindarkan oksidasi.
Perbanyakan tanaman alpokat dapat dilakukan dengan cara setek, cangkok dan biji. Cara merawatnya adalah dengan penyiraman air, menjaga kelembapan tanahnya, diberikan pupuk organik, dan mendapatkan penyinaran matahari yang cukup.

Buah Alpokat merupakan buah yang enak untuk dikonsumsi secara langsung maupun dibuat jus. Namun, selain buahnya yang enak, bagian tanaman lainnya pada alpokat seperti buah, daun dan biji memiliki manfaat sebagai obat.
  • Buah alpokat
  1. Menyembuhkan sariawan
  2. Melembabkan kulit wajah kering
  • Daun alpokat
  1. Menyembuhkan kencing batu
  2. Menurunkan tekanan darah tinggi dan sakit kepala
  3. Menyembuhkan nyeri syaraf
  4. Menyembuhkan nyeri lambung
  5. Menyembuhkan saluran nafas membengkak
  6. Menyembuhkan menstruasi tidak teratur
  • Biji alpokat
  1. Sakit gigi
  2. Kencing manis
          
Cara pemakaian alpokat untuk mengatasi berbagai penyakit sebagai berikut.

1.   Sariawan
Buah alpokat yang telah matang dihaluskan, tambahkan 2 sendok msksn madu murni, aduk sampai rata, lalu makan sekaligus. Konsumsi setiap hari sampai sariawan sembuh.

2.  Kulit wajah kering
 Lumatkan daging buah alpokat sampai halus, Oleskan secara merata ke wajah seperti menggunakan masker, lalu biarkan sampai kering. Setelah kering, bilas wajah dengan air hangat sampai bersih lalu olesi dengan es batu. Lakukan setiap pagi hari dan malam hari untuk hasil yang maksimal. 
3.   Kencing batu
Cuci sampai bersih  7 helai daun alpokat segar, seduh dengan 1/2 gelas air panas, setelah dingin minum sampai habis. Lakukan 2 kali sehari pada pagi hari dan sore hari sampat kencing batu sembuh.

4.   Darah tinggi dan sakit kepala
 Cuci hingga bersih 3-5 helai daun alpokat segar, lalu seduh dengan 1 gelas air panas. Setelah dingin, minum ramuannya segelas sehari.

5.   Nyeri saraf dan nyeri lambung
Cuci hingga bersih 3-6 helai daun alpokat segar, lalu rebus dengan segelas air sampai mendidih. Setelah dingin, minum ramuan tersebut segelas sehari.

6.    Sakit gigi atau gigi berlubang
Ambil biji alpokat secukupnya, bersihkan biji tersebut, lalu tumbuh sampai halus. Masukkan biji yang telah ditumbuk ke dalam gigi berlubang.

7.   Kencing manis
Panggang biji alpokat di atas api, potong kecil-kecil, lalu rebus sampai mendidih dan warnanya berubah menjadi cokelat. Saring hasil rebusan tadi, lalu minum. Lakukan secara rutin segelas sehari.

8.      Bengkak karena peradangan
Tumbuk biji alpokat hingga halus dengan ditambahkan air secukupkan sehingga menjadi seperti adonan bubur, balurkan ke bagian tubuh yang sakit.

Sekarang Anda tahu bahwa alpokat memiliki manfaat lain selain buahnya. Anda dapat membuat obat sendiri di rumah dengan memanfaatkan alpokat. Sekian tulisan dari saya semoga bermanfaat.  

0 comments:

Post a Comment