Pages

Tuesday, February 14, 2017

Jeruk Garut

"Jeruk Garut"

Jeruk Garut adalah buah yang menjadi khas kota Garut dan telah dijadikan sebagai komponen penyusun lambang Kabupaten Garut pada tahun 1981 sudah sejak lama Jeruk Garut menjadi terpopuler di sektor pertanian Kabupaten Garut, Jeruk Garut mempunyai peluang tinggi untuk di kembangkan karena keunggulannya serta adanya peluangnya yang masih terbuka luas .







Campur tangan petani lokal dan bibit unggulan yang di tanam di tanah yang subur seperti Kota Garut ini menjadikan Jeruk Garut berkualitas baik, Sekaligus menambah daftar nama-nama oleh-oleh khas Garut, Daerah pertanian terbesar yaitu di Kecamatan Wanaraja, Karangpawitan dan Kecamatan Cikajang Garut yang dulu mampu bersaing dengan jeruk lokal maupun jenis-jenis yang di import, Peluang pada hasil pertanian ini cukup baik dan dapat memberikan nilai ekonomis yang cukup tinggi pula baik bagi para petani sendiri maupun investornya .









Jeruk Garut berjaya pada tahun 1977 pada saat itu jeruk garut mulai berkembang dan menjadi terkenal dengan kualitas buahnya juga hasil produksi yang sangat tinggi karena banyak petanni lokal yang menanam buah ini .






Tetapi sayang kejayaan Jeruk Garut ini tidak berlangsung lama sekitar 5 tahun kedepan pada masa nya kerana pada waktu itu Gunung Galunggung meletus pada tahun 1982 di Kota Tasik Malaya Jawa Barat. Kemudian abu dari letusan Gunung Galunggung sampai ke kota Garut bdan pada saat itu juga kejayaan Jeruk Garut Musnah di telan abu dengan ketebalan sampai 1 meter 






.
Namun pada akhir tahun 1987 populasi jeruk tercatat sekitar 1,5 juta pohon tersebar di lahan pertanian kota Garut dengan jumlah produksi di perkirakan kurang lebih 28.000 Ton/Tahun, Dalam jangka waktu 5 tahun kemudian tepatnya pada akhir tahun 1992 populasi nya menurun sangat drastis tinggal sekitar 52.000 pohon yang tersisa sehingga jangan heran jarang sekali penjual atau pedagang kaki lima yang berjualan jeruk garut ini . Adapau pihak Pemerintah Kabupaten Garut telah berupaya melestarikan supaya populasinya tidak punah dengan menanam kembali sekitar sejuta pohon jeruk garut, namun tetap memiliki kendala dalam pengembangannya  yaitu masih kurangnya ketersediaan benih mata tempel jeruk garut yang unggul . Jadi sekarang Jeruk Garut hanya bisa memproduksi sekitar 8500 Ton/tahun.



Dan untuk informasi yang menarik kami Hdg Team memberikan iformasi seputar kuliner dan tempat-tempat wisata juga Hotel-hotel murah berikut villa dan juga Bunglownya di kota Garut. Hdg Team akan membantu dan memudahkan anda untuk memesan atau reservasi Hotel tempat anda istirahat maupun Bungalow tempat istirahat untuk keluarga anda tentunnya dengan pelayanan terbaik kami .

0 comments:

Post a Comment