Pages

Sunday, December 6, 2015

Curug Tujuh Neglasari

Hotel Murah di Garut - Jawa Barat tepatnya Garut memang kaya akan tempat wisata yang patut untuk dikunjungi, selain Gunung Papandayan dan Candi Cangkuang Garut yang sudah terkenal baik oleh wisatawan lokal maupun wisatawan asing, ada lagi tempat wisata lain yang juga tidak kalah menariknya. Salah satunya adalah Curug Tujuh Neglasari atau banyak orang yang menyebutnya dengan Curug Limbung. Curug Tujuh Neglasari atau Curug Limbung terletak di Desa Neglasari, Kecamatan Cisompet, Kabupaten Garut, Jawa Barat –Indonesia. Curug ini memiliki keunikan tersendiri yaitu terdiri dimana air terjunya bertingkat-tingkat sampai tujuh tingkatan dengan tingginya mencapai 50 meter serta memiliki arus tumpahan yang cukup deras. 

Walaupun tidak terlalu terkenal karena kurangnya promosi serta tidak terkelola oleh pemerintah setempat, namun keindahan Curug Tujuh Neglasari  ini harus diacungi jempol. Selain itu, keindahan yang khasnya juga sulit untuk ditemui penyamaanya. Setiap tingkatan pada Curug Limbung ini mempunyai kolam air dengan kedalaman mencapai 1-3 meter dan memiliki luas puluhan meter persegi. Salah satu penyebab tempat wisata ini kurang diminati oleh para pengunjung adalah lokasinya yang berada di belantara hutan yang masih sangat rimba namun masih sangat alami. Jatuhan air dari gunung ini mengalir dari sela-sela gunung termasuk kedalam bagian dari Gunung Gelap.



Suasana disekitar Curug Limbung ini masih sangat asri, sepanjang mata memandang yang terlihat pepohonan hijau yang begitu sejuk dimata. Pemandangan ini makin serasi dengan gemerciknya air terjun yang mengalir yang terlihat begitu mengesankan serta menyejukan hati. Membuat tempat ini sangat cocok untuk kembali menyegarkan pikiran setelah berkutat dengan rutinitas sehari-hari. Air dari ketujuh menimpa tebing-tebing dari gunung tersebut, sehingga membentuk relief pada dingding gunung dan berbentuk menyerupai tangga yang jumlahnya tujuh. 

Hal yang unik dari Curug Limbung ini adalah curug ini tidak pernah menyusut airnya sekalipun terjadi kemarau panjang, hanya saja volume air yang ada di curug ini akan kelihatan kontras jika sedang musim hujan dan musim kemarau. Di Curug Tujuh Neglasari andapun dapat berenang diair kolam yang ada dibawah air terjun, hanya saja anda harus berhati-hati karena disekitar kola terdapat banyak bebatuan yang licin.



Dikawasan Curug ini juga anda akan menemukan perkebunan teh yang cukup luas yang dimiliki oleh PT Tatar Anyar Indonesia namun menajemenya dikelola oleh PT. Teh Botol Sosro dan lahan persawahan milik masyarakat. Jadi selain anda dapat menikmati suasana alam air terjun Tujuh Neglasari, anda juga dapat menikmati sejuknya perkebunan teh tersebut. Perkebunan teh tersebut terbentang dari Dusun Neglasari Sampai Dusun Cikole. 

0 comments:

Post a Comment