Pages

Sunday, November 22, 2015

Kawah Gunung Papandayan Garut

Dari sekian banyaknya kawah di Garut, ada satu lagi kawah yang pastinya sudah di kenal dan paling banyak di cari oleh para wisatawan yaitu Kawah Gunung Papandayan Garut. Selain Kawah Darajat serta Kawah Kamojang Garut, kawah Papandayan ini adalah yang menjadi primadona di Garut. Kawah Papandayan Garut ini berada di Desa Sirna Jaya dan Desa Keramat Wangi, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut Jawa Barat. Gunung Berapi Strato2 di Garut yang masih aktiv ini berada pada ketinggian sekitar 2.665 dpl. Pada tahun 1772 Gunung ini pernah menjadi sorotan Indonesia karena meletus serta mengeluarkan berkubik-kubik material hingga menelan korban jiwa sebanyak 3000 orang dan menimbun 40 Desa disekitarnya. Luas kawasan ini sekitar 7132 Ha.

Kawah Gunung Papandayan Garut mempunyai pemandangan yang tidak kalah menariknya dari Hutan Mati Gunung Papandayan dan Padang Edelweiss Gunung Papandayan Garut. Jika anda sudah sampai di tempat pemberhentian mobil, atau kendaraan yang anda tumpangi anda hanya butuh berjalan kaki sekitar 15-10 menit perjalanan untuk bisa sampai lokasi dan santai mengagumi indahnya Kawah Gunung Papandayan. Sudah saya sampaikan di artikel yang sebelumnya tentang Padang Edelweiss Gunung Papandayan Garut, jika anda membutuhkan pembimbing atau tour guide untuk menelusuri setiap kawasan di Gunung papandayan ini anda bisa menghubungi HDG Team pemandu wisata terbaik dan berpengalaman di Garut yang telah bertahun-tahun mendampingi para wisatawan yang berkunjung ke kota Garut mulai dari wisatawan lokal sampai dengan wisatawan asing. 



Bagi anda yang berniat untuk camping bersama teman atau kerabat anda akan tatapi tidak membawa peralatan dan membutuhkan penyewaan dan alat-alat camping seperti sewa tenda dome, sleeping bag, matras, alat masak dan lain-lain disekitar kawah Gunung Papandayan. Daya tarik wisata di Gunung Papandayan Garut ini sungguh menjadi kebanggan tersendiri bagi saya selaku masyarakat kota Garut, karena dengan adanya objek wisata ini kepariwisataan kota Garut semakin maju diperhatikan oleh berbagai kalangan terutama pemerintah kabupaten Garut.

Ada beberapa Kawah Gunung Papandayan Garut yang dapat dilihat dari dekat oleh para pengunjung wisatawan yang datang ke kawasan wisata ini karena cukup aman dan tidak membahayakn para wisatawan. Sangat berbeda dengan kawah lainya di Jawa Barat kecuali gunung Tangkuban Perahu, sehingga pengunjung mendapatkan pengalaman yang menarik dan memuaskan dalam memahami gejala alam berupa kegiatan pulkanis. Sama seperti halnya Candi Cangkuang dan Situ Bagendit Garut Gunung Papandayan kini telah menjadi cagar budaya alam sejak 1924. Ketika itu pemerintah kolonial Belanda menetapkan kawasan hutan kawah papandayan Garut menjadi Cagar Alam. 




Sarana dan prasarana di kawasan tempat wisata ini dikatakan cukup memenuhi kebutuhan para wisatawan, dikarenakan tujuan wisata ke Gunung Papandayan ini merupakan kawasan konversi, sehingga pembangunan fasilitas wisatapun terbatas. fasilitas yang kurang memadai pada infrastruktur di Gunung Papandayan Garut ini adalah seperti kapasitas sumber daya listrik yang rendah dan jarak sumber air bersih yang relatif jauh dan belum ada takab baik dengan menggunakan septic tank. fasilitas hotel saya sarankan untuk menginap di Villa Widuri salah satu villa berkelas melati di Garut dan termasuk Hotel Murah di Garut. Namun jika anda ingin memilih Hotel di Garut dengan pelayanan terbaik di Garut, saya sarankan anda untuk memilih Kampung Sampireun Garut sebagai tempat bermalam anda.

0 comments:

Post a Comment