Pages

Sunday, November 22, 2015

Gunung Papandayan Garut

Mendaki memang merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan. Dengan melihat alam lebih dekat dan dari ketinggian, seringkali ada hal baru yang dirasakan. Anda juga pasti tahu, kalau Garut merupakan kota yang dikelilingi oleh Gunung. Itu sebabnya kota Garut benyak wisatawan yang menyebutnya sebagai "Swiss Van Java", kota Swissnya Jawa Barat. Ada Gunung Guntur, Gunung Cikuray, Gunung Haruman, Gunung Papandayan dan masih banyak lagi yang lainya.

Masing masing gunung memiliki karakteristik jalur pendakian yang berbeda-beda. Untuk pendaki yang sudah profesional, jalur pendakian sesulit apapun akan di taklukan. Di Garut sendiri Gunung Cikuray adalah Trak pendakian yang paling sulit ditaklukan. Tapi Bagaimana dengan pendaki pemula ? Bagi anda para pendaki pemula anda tak usah khawatir tidak bisa menikmati indahnya pemandangan Gunung di Garut, karena di Garut terdapat salah satu Gunung yang jalur pendakianya mudah untuk dilewati, bahkan anda juga dapat membawa keluarga dan anak-anak anda untuk menaiki Gunung ini, itulah Gunung Papandayan Garut






Gunung Papandayan Garut adalah sebuah Gunung yang terdapat di Kecamatan Cisurupan Garut Jawa Barat, Gunung ini berbeda dengan gunung-gunung di Jawa Barat pada umumnya karena memiliki trek pendakian yang cukup mudah dan tidak seperti gunung cikuray Garut, Gunung Papandayan Garut ini lebih seperti objek wisata dari pada pendakian para backpacker. Namun bagi anda yang ingin berkunjung ke Gunung Papandayan Garut ini meskipun treknya mudah anda tetap saja harus mempersiapkan mental, fisik, serta perbekalan yang cukup serta yang terpenting adalah pengetahuan atas jalur kawasan pendakian yang akan di lewati. Tak hanya pemula, pengetahuan tentang jalur pun juga harus dimiliki oleh pendaki pro agar bisa mengatasi lintasan. 

Kalau anda hendak naik gunung, baik itu gunung papandayan Garut atau gunung mana sajakah itu anda harus tetap memperhatikan beberapa hal di bawah ini : 

1. Akses Transportasi dan Registrasi 
Jalan menuju pos registrasi terbilang mulus, sudah diaspal, sehingga menggunakan motor atau mobil tidak masalah. Walaupun begitu, Anda tetap harus berhati-hati karena jalur menuju pos registrasi berkelok-kelok, ada beberapa Lockean yang cukup tajam.

2. Jalur Pendakian 
Setelah anda selesai melakukan registrasi anda juga harus memperhatikan jalur pendakian yang akan anda lewati untuk menuju ke Hutan Mati Gunung Papandayan Atau Padang Edelweiss Gunung Papandayan. Jalur untuk menuju ke Hutan Mati ada dua yaitu jalur kiri merupakan jalur pendek akan tetapi berbahaya, dan jalur kanan cukup jauh tetapi lebih aman. 

3. Fasilitas Yang Harus di Bawa.
Sebelum anda menentukan kedua hal diatas, anda juga harus memperhatikan apa saja yang ada di kawasan gunung, apakah banyak tersedia peralatan untuk mendaki atau anda harus membawanya dari rumah. Di Sepanjang jalur kawasan Gunung Papandayan ini tidak anda sumber air oleh karena itu saya menyarankan untuk membawa perbekalan air yang cukup banyak. 

4. Setelah melakukan 3 hal diatas anda juga harus mengetahui peta seluruh kawasan trek yang akan anda lalui agar anda bisa memperhitungkan kemana arah yang tepat untuk melakukan pendakian.




Itulah ke 4 hal yang harus anda perhatikan ketika anda akan mendaki baik itu mendaki Kawah Gunung Papandayan Garut ataupun gunung mana saja. Selain ke 4 hal diatas, karena Gunung Papandayan lebih seperti objek wisata dan setiap harinya selalu banyak dikunjungi para wisatawan yang membawa keluarga besar mereka untuk melihat keindahan alam yang dipancarkan dari Hutan Mati Gunung Papandayan Garut dan pesona Padang Edelweiss Gunung Papandayan, jadi anda pasti memerlukan penginapan atau Hotel di Garut untuk bermalam. 

Salah satu penginapan atau Hotel Murah di Garut yang dekat dengan tempat wisata Gunung Papandayan Garut adalah Villa Widuri. Jadi saya sangat menyarankan kepada anda untuk menginap di hotel terdekat tersebut. Namun jika anda menginginkan Hotel Berbintang di Garut dengan pelayanan yang terbaik dan sangat memenuhu kebutuhan anda saya merekomendasikan Kampung Sampireun Garut

0 comments:

Post a Comment