Pages

Thursday, November 12, 2015

Candi Cangkuang Garut

Hotel Murah di Garut - Sebagai warga Garut, harusnya kita bangga dengan kindahan alam yang telah diberikan Tuhan Yang Maha Kuasa. Karena berkat kuasanya itu banyak Tempat Wisata di Garut yang sungguh menakjubkan yang menggiring para wisatawan untuk dapat datang berkunjung ke kota ini, Sehingga kepariwisataan Garut terus meningkat dari tahun ke tahahun. Sungguh itu merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Garut. 

Objek Wisata di Garut seperti Kawah Kamojang Garut, Pantai Santolo, serta Kawasan Pemandian wisata Air Panas Cipanas masih menjadi yang terfavorit di Garut. Apalagi di hari-hari libur dan hari besar lainya, tempat wisata ini selalu ramai di jelajahi wisatawan asing maupun lokal. Akan tetapi yang membuat saya kagum kali ini adalah bukan ketiga tempat wisata di atas ataupun Gunung Papandayan yang pada saat ini berada dalam puncaknya, melainkan sebuah candi yang terletak di Kecamatan Leles Garut Jawa - Barat, itulah Candi Cangkuang Garut.




Sebuah candi Hindu yang terdapat di Kampung Pulo salah satu desa wisata di Garut Jawa - Barat, dan telah di rekonstruksi pada tahun 1978. Lokasi Candi Cangkuang ini sudah berada di ketinggian 700 meter di atas permukaan laut serta dikelilingi 4 gunung besar seperti : Gunung Kaledong, Gunung Mandalawangi, Gunung Haruman dan yang terakhir Gunung Guntur. Bangunan bersejarah candi ini sangat menraik untuk dilihat dan menjadi perhatian para wisatawan yang datang ke kota Garut, terutama pra wisatawan yang ingin melakukan penelitian.

Candi ini merupakan yang pertama dan satu-satunya Candi Hindu yang ditemukan di tatar Sunda. Cagar budaya Candi Cangkuang terletak di sebuah daratan di tengah danau kecil atau biasa di sebut Situ oleh masyarakat Sunda. Untuk itulah jika anda ingin mencapai tempat wisata tersebut anda harus menaiki rakit sebagai alat transportasi. Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, bahwa candi ini terletak di sebuah desa wisata di kecamatan leles, jadi apabila anda berkunjung ke Candi ini, anda juga akan menemukan Kampung pulo dan makam leluhur Embah Arief Muhamad yang juga merupakan bagian dari kawasan cagar budaya.

Area Situ Cangkuang, Candi Cangkuang dan Kampung Adat Pulo bisa anda lalui menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum yang menuju Garut. Bila wisatawan dari Jakarta, anda membutuhkan waktu tempuh kira-kira 3,5 - 4 jam perjalanan melalui Tol Cipularang. Dari Kecamatan Leles infrastruktur jalnya cukup baik dan nyaman, sehingga tidak perlu waktu lama untuk sampai ke lokasi Candi Cangkuang. 

Jika anda menggunakan angkutan umum, Candi Cangkuang dapat diakses dari Alun-alun kecamatan Leles, kemudian dilanjutkan dengan menggunakan dua moda transportasi, Yaitu Delman dan Ojeg. Jika anda berkendara menaiki delman dibutuhkan uang sebesar Rp. 10.000, Sedangkan jika anda menggunakan ojek anda membutuhkan uang sebesar Rp. 10.000 untuk bisa sampai ke lokasi.



Jika anda membutuhkan fasilitas Hotel di Garut terdekat untuk bermalam saat anda berkunjung ke Candi Cangkuang ini, anda dapat memilih Penginapan Sari Cobek dengan harga yang cukup murah dan fasilitas yang cukup memadai diantaranya : 
  • Air Panas (Water Hitter) 
  • Shower / BathTub
  • Sarapan Pagi (2 orang)
  • Peralatan Mandi
  • Kopi / Teh (Gratis)
  • Tempat Bermain Anak
  • Kolam Pemancingan Ikan
  • Wi-Fi 
Penginapan ini memang cukup murah, nyaman dan bersih serta tidak sulit untuk mencari tempat makan yang enak di Garut karena Rumah Makan Sari Cobek adalah rumah makan yang menyediakan berbagai jenis makanan dengan harga yang cukup terjangkau. 

0 comments:

Post a Comment